PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MELALUI INOVASI MAIN PANCA (MEDIA INTERAKTIF LAMBANG PANCASILA) DI UPTD SPF SDN.244 LAWO

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah murid-mempresentasikan-karya-nya.png

Pembelajaran diferensiasi merupakan proses pembelajaran di dalam kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Salah satu dalam pemenuhan kebutuhan belajar murid menggunakan media MAIN PANCA yaitu media interaktif Lambang Pancasila. Di dalam media tersebut terdapat materi pembelajaran, video pembelajaran, evaluasi/kuis, penugasan kelompok dan refleksi. Media tersebut memberikan manfaat dalam memenuhi keragaman kebutuhan siswa di dalam kelas, sehingga melalui media tersebut dapat menumbuhkan minat dan kreativitas belajar siswa di dalam kelas yang berlandaskan dari profil pelajar Pancasila.

MAIN PANCA merupakan nama akronim yang diambil dengan dua suku kata yaitu MAIN dan PANCA.  MAIN PANCA merupakan kepanjangan dari “Media Interaktif Lambang Pancasila”. MAIN PANCA berbasis android dan html ini merupakan media pembelajaran dengan menggunakan SAC (smart apps creator).

Sebelum melakukan langkah strategi pembelajaran diferensiasi, terlebih dahulu saya melakukan identifikasi atau pemetaan belajar siswa dengan cara sebagai berikut:

  1. Guru mengamati sikap dan tingkah laku siswa dalam belajar. Hal ini saya lakukan agar dapat mengetahui kebutuhan belajar murid di dalam kelas berdasarkan kesiapan belajar, minat dan preferensi gaya belajarnya.
  2. Kedua mendiskusikan kebutuhan belajar murid dengan guru kelas sebelumnya bedasarkan jurnal  dan catatan rapor mengenai minat dan kreativitas murid dalam belajar di kelas.
  3. Ketiga menggunakan penilaian diagnostik baik kognitif maupun non kognitif. hal ini bertujuan untuk memahami sejauh mana pemahaman terhadap materi yang akan diberikan.

Setelah melakukan pengidentifikasian selanjutnya Saya  menyusun dan merancang pembelajaran RPP dengan memasukkan 3 strategi pembelajaran diferensiasi yaitu  diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Pada diferensiasi konten saya mengembangkan media MAIN PANCA menumbuhkan minat dan kreativitas belajar siswa didalam kelas. Media ini merupakan media interaktif dalam materi pengamalan pancasila berbasis android atau html dikembangkan melalui Smart Apps Creator (SAC) yang  memiliki berbagai diferensiasi didalamnya seperti materi, video pembelajaran, asessmen/kuis, refleksi, penugasan kelompok berdiferensiasi dan refleksi pembelajaran

Selanjutnya berdiferensiasi proses dengan langkah strategi pembelajaran diferensiasi MAIN PANCA dengan model pembelajaran PBL dalam menumbuhkan bakat dan minat belajar murid berlandaskan profil pelajar pancasila sebagai berikut:

  1. Pada tahapan pertama guru menyampaikan tujuan dan mengenalkan masalah.
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah thumbnail-1.png

Pada tahapan ini  terlebih dahulu guru menyampaikan salam dan motivasi, kemudian mengajak murid untuk membuat keyakinan kelas. keyakinan kelas ini merupakan keyakinan diri yang mengarah ke hal positif yang dilakukan agar pembelajaran berjalan dengan baik. Selanjutnya guru menyampaikan  tujuan pembelajaran. Kemudian guru meminta murid mengamati video yang diberikan. Setelah mengamati video guru melakukan tanya jawab kepada siswa. Kemudian guru memberikan satu permasalahan kepada murid mengenai video yang sudah diamati. (Profil pelajar pancasila: beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa dan kreatif).

  • Tahapan kedua adalah mengorganisasi siswa
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah guru-memberikan-semangat-dalam-belajar.png

Pada tahapan ini guru membagi siswa kedalam 4 kelompok berdasarkan minat dan kemampuan yang dimiliki.
Pada kelompok 1 siswa yang berminat kegiatan menulis. Pada kelompok 2 siswa yang berminat kegiatan bercerita. Pada kelompok 3 siswa yang berminat kegiatan bernyanyi. Dan pada
kelompok 4 siswa yang berminat kegiatan menggambar. (Profil pelajar pancasila: kreatif).

  • Tahapan ketiga adalah membimbing penyelidikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-1.png

Pada tahapan ini guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang telah dibutuhkan, siswa mengeksplor MAIN PANCA dalam mencari solusi terhadap tugas yang sudah diberikan.  (Profil pelajar pancasila: bernalar kritis, gotong royong. dan kreatif).

  • Tahapan keempat adalah mengembangkan dan menyajikan hasil
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah murid-mempresentasikan-karya-nya-1.png

Pada tahapan ini guru membantu murid dalam merencanakan dan menyiapkan laporan serta guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil pembelajarannya di dalam kelas. Hasil presentasi tersebut merupakan diferensiasi produk yang dihasilkan siswa berupa karya menulis, video bercerita, video bernyanyi, dan menggambar. (Profil pelajar pancasila: berkebhinekan global dan kreatif).

  • Tahapan kelima adalah menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-2.png

Pada tahapan ini guru memberikan evaluasi baik secara berkelompok maupun  mandiri dengan menjawab kuis di dalam media. Kuis yang diberikan berbasis offline dan online dalam pemahaman materi yang sudah diberikan. Selanjutnya diakhir kegiatan siswa melakukan refleksi melalui MAIN PANCA. Refleksi ini memberikan umpan balik siswa terhadap pembelajaran. Kemudian guru memberikan penguatan dan kesimpulan terhadap pembelajaran yang sudah diberikan. (Profil pelajar pancasila: kreatif, dan mandiri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *